Cara Mengubah Lagu MP3 Menjadi WAV

cara-mengubah-lagu-mp3-menjadi-wav

Waktu saya SMA tahun 2006-2009 lalu, sebagian besar siswa di sekolah tersebut menggunakan Hp Nokia dengan berbagai macam tipe. Waktu itu Nokia masih jaya-jaya nya. Yang paling laku keras itu Nokia N Series seperti Nokia N 70, Nokia N 71 dan lain sebagainya.

Ada juga siswa yang pakai Hp Samsung, tapi Samsung nya yang versi jadul. Jadi selalu di ledekin sama siswa-siswa pencinta Hp Nokia. Karena pada waktu itu, Samsung memang “nggak banget”. Tapi sekarang, setelah pamor sang legenda Nokia meredup, Samsung berinovasi dan berhasil merajai pasar Smartphone di seluruh dunia.

Yang paling saya ingat tentang Nokia waktu itu salah satunya adalah ringtone atau nada dering nya. Banyak tipe Hp Nokia yang tidak bisa menggunakan audio dengan format MP3 sebagai nada deringnya. Hp Nokia tersebut hanya mengenal audio dengan format WAV. Jadi, banyak teman-teman saya yang nada dering Hp nya sama. Hanya mengandalkan nada dering bawaan yakni Nokia Tune.

Kalau pun ada nada dering format WAV, jumlahnya tidak terlalu banyak. Itupun hasil berbagi dengan teman lain lewat Bluetooth. Mau download pun masih fikir-fikir, selain browser bawaannya “ndeso”, setting-nya pun susahnya minta ampun.

Anak zaman sekarang enak. Hp nya sudah canggih-canggih. Browser nya gokil-gokil. Mau cari apa tinggal download. Apalagi di tunjang dengan operator yang berlomba-lomba memberi kuota besar. Kurang apa lagi coba?

Apalagi sekarang, banyak sekali aplikasi converter yang bisa mengubah lagu MP3 menjadi WAV. Salah satunya yang paling mantap itu Format Factory. Begini cara mengubah lagu MP3 menjadi Wav dengan Format Factory :
  • Siapkan sebuah file audio dengan format MP3
contoh lagu dengan format mp3
  • Jalankan aplikasi Format Factory yang ada di komputer anda. Jika belum punya, file install-nya bisa anda download DISINI.
  • Pada menu Audio disamping kiri aplikasi tersebut, pilih -> WAV karena kita akan coba mengubah lagu format MP3 menjadi format WAV
halaman depan format factory
  • Pilih menu Add File untuk mencari lagu yang ingin anda ubah formatnya (Anda bisa melakukan beberapa pengaturan pada hasil keluaran dengan memilih menu Output Setting dan folder tempat menyimpan hasil keluaran dengan memilih list pada kotak Output Folder)
tambahkan mp3 ke format factory
  • Setelah anda memilih lagu yang ingin anda ubah formatnya, tekan tombol Open (Saya menggunakan lagu Nella Kharisma - Jaran Goyang)
open mp3 di format factory
  • Jika muncul daftar lagu yang anda tambahkan tadi. Pilih OK
daftar mp3 yang telah ditambahkan ke format factory
  • Akan muncul daftar lagu yang akan anda ubah formatnya. Pilih Start untuk memulai proses merubah format lagu tersebut.
mulai mengubah lagu mp3 menjadi wav
  • Tunggu prosesnya selesai.
proses mengubah lagu mp3 menjadi wav
  • Klik kanan pada lagu yang telah selesai di ubah formatnya, lalu pilih Open Output Folder untuk menuju lokasi penyimpanan lagu tersebut.
proses mengubah lagu mp3 menjadi wav selesai
  • Jika semuanya berjalan sebagaimana mestinya, akan muncul sebuah lagu dengan format yang baru (Saya mendapati sebuah lagu dengan format WAV)
contoh lagu dengan format wav
  • Selesai
Kira-kira begitulah cara mengubah lagu MP3 menjadi WAV. Anda bisa mengubah format lagu MP3 menjadi format apa saja sesuai keinginan anda. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mengubah Lagu MP3 Menjadi WAV"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan terkait tulisan diatas, silahkan tinggalkan dikotak komentar. Terima kasih!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel