Cara Mendapatkan 1000 Subscriber Youtube, 100% Berhasil!

cara mendapatkan 1000 subscriber untuk youtuber pemula

Saat ini, banyak orang yang berlomba-lomba menjadi seorang Youtuber. Bahkan Youtuber di anggap sebagai salah satu profesi yang menjanjikan. Apalagi jumlah orang yang mengakses Youtube terutama di Indonesia meningkat tajam dari tahun ke tahun. Ini tentu menjadi sebuah peluang emas. Itu sebabnya pertumbuhan Youtuber di Indonesia mengalami trend positif.

Cara Mudah Mendapatkan 1000 Subscriber

Mendapatkan penghasilan dari Youtube tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi tidak juga mustahil seperti halnya melihat telinga sendiri tanpa bantuan cermin. Intinya mendapatkan penghasilan  dari Youtube itu mungkin tapi butuh usaha.

Kamu tidak cukup dengan hanya meng-upload video kemudian mendapatkan penghasilan dari Youtube. Tidak segampang itu kawan. Ada proses dan prosedur-prosedur yang harus kamu lewati. Ada syarat-syarat yang diberikan Youtube yang harus kamu setujui.

Salah satu syarat agar video di channel Youtube kamu bisa di monetisasi dan mulai menghasilkan uang adalah mempunyai 1000 subscriber.

Ada banyak cara cepat untuk mendapatkan 1000 subscriber. Tapi apakah cukup efektif? Di tulisan ini kita akan membahasnya satu persatu.

  • Minta bantuan teman-teman dan saudara

Cara pertama untuk mendapatkan 1000 Subscriber pertamamu adalah dengan cara meminta bantuan teman-teman dan juga saudara dekatmu untuk subscribe channel Youtube-mu. Cara ini terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu mengirimkan link channel Youtube-mu lewat aplikasi seperti WhatsApp atau Facebook kemudian meminta mereka tekan tombol subscribe.

Tapi cara ini tidak efektif. Pertama, jarang sekali orang yang mempunyai jejaring pertemanan dan saudara yang mencapai 1000 orang. Kalau pun ada, pasti orang tersebut lumayan terkenal di lingkungan sekitar dan mungkin saja berasal dari keluarga besar yang terpandang. Kedua, kalau pun mereka bisa subscribe channel Youtube-mu, mereka tidak bisa di jadikan asset jangka panjang.

Maksud nya begini, mereka subscribe channel Youtube-mu mungkin hanya menghargaimu saja. Setelah subscribe, selesai. Padahal subscriber channelmu adalah asset jangka panjang yang di harapkan bisa menjadi penonton setia video-videomu di masa yang akan datang.

  • Minta bantuan sesama Youtuber pemula

Cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama di atas. Bedanya hanya terletak pada orangnya saja. Kalau cara pertama tadi, target orang yang akan menjadi calon subscriber mu adalah teman-teman dan saudara-saudaramu, sedangkan cara kedua ini yang menjadi targetnya adalah Youtuber pemula sama seperti dirimu.

Caranya cukup sederhana. Kamu hanya perlu mencari channel Youtube baru kemudian meninggalkan komentar di salah satu video mereka. Beritahu mereka bahwa kamu telah subscribe channel mereka dan minta mereka subscribe channel-mu kembali kalau mereka tidak keberatan. Prinsip sederhananya kamu subscribe channel mereka dan mereka juga subscribe channel mu. Jadi, bisa di bilang saling tukar subscribe gitu.

Cara ini pun di nilai kurang efektif. Sebab mencari 1000 Youtuber baru bukanlah hal yang mudah. Apalagi topik yang mereka bahas belum tentu sama dengan topik yang kamu bahas. Lebih kurang sama kayak blogger ketika di ajak tukeran link. Biasanya kalau blog nya tidak satu topik pembahasan, mereka malas tukeran link.

  • Beli Subscriber

Sekarang ini banyak orang buka usaha jual beli subscriber. Kamu hanya tinggal mencarinya di Instagram. Prinsip sederhana nya adalah kamu beli 1000 subscriber dengan harga yang mereka tawarkan.

Cara ini juga saya nilai tidak efektif. Pertama, mengeluarkan uang. Kalau kamu punya, kayaknya sih nggak terlalu masalah. Tapi kalau uang kamu pas-pasan, tentu cara ini bukan pilihan yang tepat. Kedua, sulit menemukan penjual subscriber terpercaya. Nanti kamu sudah transfer uang, malah jadi korban penipuan pula. Belum lagi kalau hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Ketiga, tidak bisa di jadikan asset jangka panjang. Sebab biasanya, subscriber dari hasil beli ini lebih dari 50% nya adalah akun yang tidak aktif alias bot.

  • Buat Video Viral

Cara ini saya fikir yang paling cepat, tepat dan efektif untuk mendapatkan 1000 subscriber pertama mu. Kamu hanya perlu mencari apa yang sedang viral atau trending topic saat ini. Misalnya tentang Lionel Messi yang akan berlabuh ke PSG atau tentang Valentino Rossi yang memutuskan untuk pensiun tahun ini. Kemudian buatlah sebuah video yang berhubungan dengan topik yang sedang ramai di bicarakan tersebut.

Saya sudah pernah menggunakan cara ini. Waktu itu yang sedang ramai di bicarakan adalah sinetron Anak Band di SCTV. Kenapa sinetron ini ramai di bicarakan? Sebab pemerannya adalah mantan pasangan artis Stefan William dan Natasha Wilona. Mereka berdua pernah membintangi sinetron Anak Jalanan yang sempat menduduki tempat pertama perolehan rating selama berbulan-bulan. Tapi setelah hubungan mereka kandas, mereka tidak pernah terlibat dalam satu proyek sinetron yang sama lagi. Dan sinetron Anak Band adalah sinetron pertama mereka setelah menyandang status sebagai mantan pasangan kekasih.

Berangkat dari topik hangat tersebutlah kemudian saya membuat sebuah video lirik animasi dari soundtrack sinetron Anak Band tersebut. Video lirik animasi tersebut masih ada di channel Youtube saya dan sudah di tonton lebih dari 200 ribu kali sampai saat ini.

Dari video yang ramai di tonton tersebut yang membuat subscriber saya bertambah sedikit demi sedikit. Sampai saat ini channel saya sudah mempunyai lebih dari 1.700 subscriber. Alhamdulillah.

Konsep sederhana dari cara ini adalah kamu membuat sebuah video yang berhubungan dengan sebuah topik yang sedang ramai di bicarakan. Kemungkinan besar video yang  buat tadi akan ramai di tonton orang. Lalu dari sekian banyak orang yang menonton video mu itu ada yang tergerak untuk subscribe channel mu. Mereka subscribe channel mu benar-benar atas keinginan sendiri.

Cara ini saya nilai cukup efektif. Mereka bisa jadi asset jangka panjang mu. Sebab mereka subscribe channel mu benar-benar dari hati. Tanpa paksaan. Biasanya sesuatu yang berasal dari hati akan sampai ke hati juga.

Jadi, setelah subscribe channel mu, kapan-kapan mereka akan datang lagi sebab video baru mu akan muncul di akun Youtube mereka. Bisa jadi mereka akan menjadi penonton setia videomu ke depannya. Yang kamu lakukan hanyalah meng-upload video secara berkala sambil terus memperbaiki kualitas videomu.

***

Dari 4 cara mendapatkan 1000 subscriber pertamamu di atas, mana yang telah kamu coba? Atau punya cara lain untuk mendapatkan subscriber? Silahkan bagikan pengalamanmu di kotak komentar. Terima kasih!!

LihatTutupKomentar