Apakah Blog Masih Menjanjikan di Tahun 2023?

Apakah blog masih menjanjikan di tahun 2023? Begini ulasannya

Kalau ditanya apakah blog masih menjanjikan di tahun 2023? Jawabannya sangat tergantung dengan pribadi kita masing-masing. Kalau kita tipikal orang yang optimis, mau bekerja keras dan pantang menyerah, blog masih cukup menjanjikan di tahun 2023 ini. Tapi kalau kita tipikal orang yang selalu pesimis bahkan sejak awal, menekuni kegiatan blogging bukanlah pilihan yang tepat.

Apakah Blog Masih Menjanjikan?

Jawaban tersebut mungkin terkesan rumit dan ambigu, tapi semua itu terjadi sebab adanya fenomena yang terjadi di dunia blogging dalam beberapa tahun belakangan ini.

Harus di akui bahwa dunia blogging memang tidak seramai dulu lagi. Blog pernah mengalami era keemasan di tahun 2011 s/d 2016. Sebelum akhirnya blog di tinggalkan pelan-pelan oleh pemiliknya. Terbukti banyak sekali blogger yang hiatus dan pensiun dini. Bahkan, ada juga blogger yang tidak memperpanjang domain blognya lagi (ini khusus untuk blogger yang pernah custom domain) atau mungkin saja ada yang lupa kalau sebelumnya dia pernah punya sebuah blog atau lebih.

Memang sekarang zamannya orang lebih suka melihat video di bandingkan membaca tulisan secara online. Apalagi sekarang paket internet serba terjangkau. Sinyal provider semakin bagus. Bahkan di rumah-rumah sudah banyak yang terpasang wifi yang bayaran perbulannya cukup murah.

Fenomena ini membuat Youtube Short, Instagram dan Facebook Reel, TikTok dan Snack Video mengalami masa kejayaannya. 

Misalnya TikTok. Dulu mulai muncul ke permukaan sekitar bulan September 2016, tiga tahun kemudian TikTok sudah memiliki 500+ juta pengguna di seluruh dunia. Bahkan, kalau kita membuat survei sederhana, saya yakin dari 10 HP, 8 nya mungkin sudah terinstall aplikasi TikTok.

Itu baru gempuran dari aplikasi sejenis yang saya sebutkan di atas. Belum lagi, media besar nasional yang membabat habis kata kunci pencarian sehingga blog sangat sulit bersaing di SERP. Ini juga menjadi penyebab banyaknya blogger hiatus atau pensiun dini karena mereka pesimis duluan. 

Hal ini bisa kita maklumi bersama. Media nasional sudah tentu jangkauannya sangat luas. Sumber daya melimpah dan modalnya juga tidak terbatas. Dengan semua itu sudah pasti mereka bisa menguasai kata kunci pencarian dengan mudah. Blogger yang modalnya terbatas dan nulis mengikuti mood sudah pasti ketinggalan jauh. 

Dengan semua hal yang saya jabarkan di atas, sudah pasti banyak orang beranggapan bahwa era keemasan blogger sudah berakhir dan blog sudah tidak menjanjikan lagi di tahun 2023 ini. 

Tapi semua anggapan itu tidaklah 100% benar. Blog masih tetap menjanjikan di tahun 2023 ini. Lihat saya Timon Adiyoso, blogger kondang pemilik Mastimon.com. Di tengah kesibukannya membuat video untuk beberapa channel Youtubenya yang lebih cepat menghasilkan uang jika dibandingkan dengan blog, Mas Timon masih tetap rajin menulis. Sebab blog masih cukup menjanjikan. 

Saya pernah melihat salah satu postingan Mas Timon di Instagram. Di postingan itu Mas Timon mengatakan bahwa beliau masih tetap aktif dan semangat ngeblog sebab masih cukup menjanjikan. Bahkan Mas Timon bisa menghasilkan 5 juta rupiah perhari dari blognya tersebut jika ada tulisannya yang trending. 

Kesimpulan

Di tengah gempuran video pendek dan media besar yang membabat habis setiap kata kunci pencarian, selalu ada celah kecil yang bisa di manfaatkan oleh blogger sehingga blog yang di kelolanya masih tetap menghasilkan.

Yang di perlukan hanyalah kerja keras, kreatif dan konsisten dalam mengelola blog. Semoga bisa menghasilkan sesuai yang di harapkan. 

LihatTutupKomentar