Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Promosi Blog yang Unik dan Tidak Biasa

Salah satu cara yang paling umum di lakukan oleh blogger, baik yang sudah pengalaman maupun yang masih pemula, ketika ingin mendatangkan pengunjung atau trafik ke blog yang mereka punya adalah promosi.

Promosi sendiri adalah segala bentuk usaha untuk memperkenalkan URL blog dengan harapan orang akan klik URL blog tersebut sehingga terjadinya kunjungan atau trafik untuk blog yang di promosikan.

Cara Promosi Blog yang Unik

Ada banyak sekali bentuk dari promosi ini. Baik yang gratisan maupun yang berbayar. Untuk yang gratisan, biasanya blogger akan melakukan dengan cara promosi URL blog di sosial media (Facebook, Twitter, Instagram), blogwalking maupun jadi penulis tamu di blog orang lain. 

Untuk yang berbayar, blogger paling sering melakukan dengan cara Content Placement. Tahap pertama, blogger akan membuat tulisan yang berisi URL blog atau tulisan yang di targetkan. Kemudian mengirimkan tulisan tersebut ke blog yang membuka jasa Content Placement. Tulisan tersebut akan di terbitkan setelah melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan. 

3 Cara Promosi Blog yang Unik dan Tak Biasa

Selain cara promosi yang paling umum digunakan, sebenarnya ada lagi cara promosi yang jarang digunakan. Hal inilah yang membuat cara promosi blog ini unik dan tak biasa. 

1. Tulisan di Delta Box Motor
Saya pengguna motor New V-Ixion Advance sejak 8 tahun yang lalu. Di motor keluaran Yamaha ini ada yang di namakan Delta Box. 

Saya copot tulisan Delta Box bawaan pabriknya. Kemudian saya ganti dengan tulisan atau URL blog yang ingin saya promosikan. Misalnya Terubuk.com

Nah, nanti saat bepergian ke tempat wisata atau kemanapun, saya akan foto motor V-Ixion saya tersebut terutama di bagian URL blog tadi. 

Kemudian foto tersebut akan saya jadikan story di WhatsApp atau status di sosial media dengan caption "Jalan-jalan kali ini di sponsori oleh Terubuk.com"

Walaupun sama-sama di upload ke sosial media, tapi cara ini lebih efektif. Saya telah membuktikannya sendiri. Sebab orang jauh lebih penasaran dengan cara ini. Pasti yang di fikiran orang-orang ketika melihat caption tersebut pasti berfikir "Terubuk.com apaan sih sampai bisa jadi sponsor jalan-jalan segala?"

Nah, berawal dari rasa penasaran inilah yang membuat mereka akan membuka browser kemudian menulis Terubuk.com di kotak pencarian.

Ujung-ujungnya apa? Blog yang saya promosikan tersebut sukses mendapatkan kunjungan ataupun trafik.

2. Nama Hotspot Pribadi
Di zaman dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini, brand hp berlomba-lomba menawarkan produk terbaik yang mereka punya. Karena persaingan tersebutlah yang membuat harga hp menjadi cukup murah. Saking murahnya, anak kecil sekarang pun sudah punya hp sendiri. 

Belum lagi provider yang berlomba-lomba memberikan kuota besar dengan harga terjangkau. Sehingga kegiatan online menjadi hal yang sangat lumrah di lakukan oleh sebagian besar orang. 

Saking lumrahnya, banyak orang yang jadi kecanduan online. Bahkan, ketika kuota mereka habis, mereka akan mencari berbagai cara untuk tetap bisa online. Mulai dari mencari wi-fi gratis hingga menyambung hotspot pribadi dengan saudara atau teman dekat.

Ngomong-ngomong soal hotspot pribadi, saya sering menjadikan hal ini sebagai peluang untuk promosi URL blog yang saya miliki. 

Caranya sangat gampang. Cukup mengganti nama hotspot pribadi dengan URL blog yang kamu inginkan. Misalnya Terubuk.com

Nanti ketika berada di keramaian, tinggal kamu hidupkan saja hotspot pribadi nya. Orang-orang yang terbiasa menghidupkan wi-fi di keramaian otomatis akan mendeteksi hotspot pribadi yang kamu hidupkan. 

Tapi jangan lupa, kasihkan password di hotspot pribadimu. Kalau tidak, nanti ada perangkat yang terhubung otomatis dan kuota internet mu bisa jebol. 

Apakah cara ini efektif? Tergantung sih. Kalau URL blog mu unik, bukan tidak mungkin orang akan penasaran. Kemudian mencari URL blog mu di Google.

3. Username Mobile Legends
Salah satu game yang paling banyak di mainkan saat ini adalah Mobile Legends. Dan saya berani jamin, dari 10 hp yang di miliki oleh temanmu 2 hp kemungkinan besar ada game Mobile Legends nya. 

Kepopuleran game Mobile Legends ini bisa kamu gunakan untuk promosi URL blog. Caranya sangat gampang. Gunakan saja URL blog mu sebagai username di game tersebut. Misalnya Terubuk.com

Kalau kamu jago main di mode ranked, orang akan fokus melihat username yang kamu gunakan. Apalagi kalau kamu bisa jago menggunakan hero tertentu sehingga bisa masuk top global. Orang-orang akan semakin penasaran dengan username yang kamu gunakan. 

Ujung-ujungnya orang akan mencari tahu username yang kamu gunakan itu di Google.

***

3 cara promosi blog yang unik dan tak biasa ini sudah pernah saya gunakan semuanya. Hasilnya cukup lumayan. Bisa menambah-nambah kunjungan ke blog walau tidak banyak. Sebab trafik blog ini sebagian besarnya berasal dari mesin pencari. 

Dan 3 cara yang saya jelaskan di atas sangat cocok untuk blog yang URL nya pendek dan mudah di ingat. Misalnya Terubuk.com

Kalau URL nya panjang, agak susah sih. Tapi tidak ada salahnya kalau mau mencoba. Namanya juga usaha 😁