Apakah Blog Masih Menjanjikan di Tahun 2024?

Menjawab pertanyaan apakah blog masih menjanjikan di tahun 2024 ini
Ada banyak pertanyaan yang sering di tanya ulang sama orang-orang. Di dunia blogger misalnya, pertanyaan yang paling sering di tanya ulang adalah apakah blog masih menjanjikan di tahun 2024?

Apakah Blog Masih Menjanjikan di Tahun 2024?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita melihat beberapa fenomena yang terjadi di dunia blogger akhir-akhir ini. 

1. Video shorts masih menjadi yang populer

Saat ini, video pendek seperti TikTok, SnackVideo, Youtube Shorts dan Facebook Reels masih menjadi primadona di antara kebanyakan pengguna internet. 

Mereka lebih memilih menonton video pendek di bandingkan dengan membaca blog. Misalnya ketika mereka membutuhkan sebuah tutorial, kemudian search di Google, yang muncul teratas biasanya adalah video-video dari YouTube. 

Dan sudah dapat di tebak, bahwa mereka akan langsung memilih tutorial dalam bentuk video. Karena step by step nya lebih mudah di pahami. Apalagi video yang konsepnya memudahkan penonton untuk mempraktekkan tutorial yang mereka bagikan tersebut. 

Hal ini lambat laun membuat banyak sekali orang yang dulunya adalah pembaca blog bermigrasi menjadi penonton video. 

Apalagi sekarang Youtube Shorts maupun Facebook Reels sudah bisa di monetisasi. Otomatis mereka lebih memilih menjadi content creator di kedua platform tersebut di bandingkan menjadi blogger. 

Dan faktanya, menghasilkan uang dari Youtube dan Facebook itu lebih gampang di bandingkan dengan menghasilkan uang dari blog. 

2. Media besar semakin merajalela

Media besar nasional yang biasanya fokus menulis berita up to date, sekarang merambah semua kata kunci yang dulu hanya di bidik oleh para blogger. 

Sekarang ini hampir tidak ada kata kunci yang luput dari perhatian media besar nasional tersebut. Baik kata kunci pendek maupun kata kunci panjang, semua nya habis di lahap. 

Kalau sudah begitu, blogger kecil hanya bisa mengelus-ngelus dada. Mau melawan media besar nasional dalam memperebut kata kunci yang di bidik, sudah pasti adalah sesuatu yang tidak mungkin. 

Mereka mempunyai semua sumber daya yang di butuhkan dalam memenangkan persaingan kata kunci di SERP. Mulai dari uang maupun tim yang berisi banyak orang. Semua itu bisa membuat mereka selalu update bahkan untuk setiap menitnya. 

Bandingkan dengan blogger yang kadang menulis pun masih tergantung mood. Jadi wajarlah kalah telak. 

3. Algoritma Google berubah

Beberapa bulan ini Algoritma mesin pencari terbesar di dunia yakni Google berubah. Banyak sekali blogger yang mengeluhkan hal ini. Trafik mereka yang awalnya puluhan ribu sampai ratusan ribu  perhari, turun drastis menjadi ribuan bahkan ratusan doang. 

Turunnya trafik tentu berdampak besar terhadap penghasilan. Apalagi dari Google Adsense. Blog saya saja yang dulu penghasilannya mencapai puluhan ribu rupiah perhari dari Google Adsense, sekarang hanya tinggal beberapa rupiah saja 🥲

Banyak yang beranggapan Algoritma Google yang berubah adalah usaha dari mesin pencari tersebut untuk memilah mana blog yang "layak" untuk di tampilkan di halaman teratas demi memberikan kepuasan dan kenyamanan terhadap pengguna. 

Itu artinya, blogger yang benar-benar menulis dengan "hati" tidak perlu khawatir dengan hal ini. Saya yakin, jika tulisan atau artikel yang kita sajikan benar-benar berkualitas, lambat laun pasti akan di prioritaskan. Yang penting sabar dan terus berbenah saja. 

***

Dengan melihat fenomena di atas, pasti banyak yang beranggapan bahwa blog tidak lagi menjadikan di tahun 2024 ini. Padahal anggapan tersebut tidak 100% benar. 

Faktanya, blog masih tetap menjanjikan di tahun 2024 ini. Buktinya, blogger kondang asal Samarinda yakni Timon Adiyoso atau Mas Timon masih tetap aktif mengurus blog-blog yang beliau miliki. Walau tidak seaktif dulu lagi. 

Di salah satu video di channel Youtube nya, Mas Timon mengatakan alasan kenapa beliau masih aktif mengurus blog-blognya karena blog tersebut masih menghasilkan. 

Di thumbnails video tersebut, terlihat penghasilan Mas Timon dari Google AdSense sebesar 15 juta. Jumlah tersebut cukup besar untuk membuktikan bahwa blog masih cukup menjanjikan. 

Itu baru dari Google AdSense. Belum lagi dari Content Placement. Faktanya, menurut Mas Timon penghasilannya lebih besar dari Content Placement di bandingkan dari Google AdSense. 

Nah, benarkan bahwa blog masih cukup menjanjikan di tahun 2024 ini. Blog yang terus aktif, semakin berumur maka semakin besar DA dan PA nya. Dua hal ini menjadi indikator orang ketika ingin menitipkan artikel berbayar ke blogmu. 
LihatTutupKomentar